160 Pembicara dari 30 Negara Tampil di Ubud Writers and Readers Festival 2017

UWRF 2017 (Foto: Whiteboardjournal)

Padangkita.com – Panitia Ubud Writers and Readers Festival (UWRF) 2017 menyatakan 160 pembicara dari 30 negara akan hadir dalam kegiatan yang dilaksanakan di Ubud, Bali, 25-29 Oktober 2017 mendatang.

Dikutip dari situs resmi UWRF, tahun ini tema yang diangkat adalah Origins atau ‘Asal Muasal’.

Tema yang membentangkan tajuk-tajuk besar seperti politik hingga teknologi, dan lingkungan hingga spiritual ini ditarik dari sebuah filosofi Hindu kuno yang berbunyi ‘Sangkan Paraning Dumadi’.

Baca juga:
Mengenal Ubud Writers and Readers Festival
Pengalaman Penulis Sumbar di Ubud, Digeledah Polisi Hingga Tawaran Radio Asing

Di tahun ke 14 ini UWRF akan menghadirkan sejumlah tokoh di antaranya Sutardji Calzoum Bachri, Nh. Dini, Murti Bunanta, Seno Gumira Ajidarma dan Leila S. Chudori, Joko Pinurbo, Ahmad Fuadi, Ben Sohib, dan Trinity.

Dari mancanegara akan hadir Saroo Brierley, pria di balik memoar A Long Way Home, yang diadaptasi menjadi sebuah film box office Hollywood berjudul Lion. Novelis kriminal paling terkenal di Britania Raya.

Ada juga Ian Rankin, Penulis otobiografi Wild Swans yang laku terjual di seluruh dunia, Jung Chang, Madeleine Thien, Penulis pemenang penghargaan asal Kanada, serta Han Yujoo, bintang sastra muda Korea.

Selain itu akan hadir juga urnalis, Penulis, dan Pegiat ternama dunia, yang selama ini menjadi saksi pergolakan mengenai isu-isu besar dunia seputar politik, hak asasi manusia, pelestarian alam, seperti Andreas Harsono, Putu Oka Sukanta, Lijia Zhang, Michael Vatikiotis, Tom Owen Edmunds, Tim Flannery, dan Step Vaessen.

UWRF juga akan kedatangan sederet wanita-wanita hebat yang berkecimpung dalam bidang sastra seperti Djenar Maesa Ayu, Oka Rusmini, Cokorda Sawitri, Intan Paramadhita, Marina Mahathir, Pegiat dan Penulis dari negara tetangga, Malaysia dan Jhoanna Lynn B. Cruz, Penulis Filipina.

Baca juga:
Kurangi Resiko Jantung dan Stroke dengan Konsumsi 1 Telur Per Hari