10 ASN Absen Tanpa Keterangan, Berikut Hasil Sidak Pemprov Sumbar

Apel hari pertama pasca libur lebaran di Kantor Gubernur Sumbar. (Foto: Aidil Sikumbang)

Padangkita.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Barat (Sumbar) menggelar inspeksi mendadak Aparatur Sipil Negara (ASN) ke sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pasca libur lebaran, Senin (03/07/2017).

Inspeksi mendadak (sidak) yang dilakukan tersebut berdasarkan pada surat Gubernur Sumbar No. 800/2667/BKD-2017 tanggal 20 Juni 2017.

Biro Humas Pemprov Sumbar menyatakan dalam sidak yang dilakukan kepada 45 OPD yang ada di lingkung Pemprov Sumbar. Dalam sidak kali ini didapati 10 ASN tidak hadir tanpa keterangan apapun.

“10 orang ASN tidak hadir tanpa keterangan,” kata Kepala Biro Humas Pemprov Sumbar, Jasman Rizal kepada wartawan.

Dia menjelaskan jumlah ASN yang disidak pasca lebaran Idul itri kali ini berjumlah 4.472 orang sedangkan yang hadir berjumlah 4.330 orang.

Ada pun rincian ASN yang tidak hadir adalah: Sakit 30 orang, izin 24 orang, cuti 42 orang, pendidikan 29 orang dan tanpa keterangan 10 orang.

Sementara itu, hari pertama kerja usai libur panjang lebaran, sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) kantor gubernur Sumatera Barat terlambat mengikuti apel pagi.

Bahkan saat gubernur menyampaikan pidato arahan, sejumlah pegawai masih terus berdatangan dan mengisi absensi saat apel berlangsung.

Namun, Gubernur Sumatera barat menganggap wajar para ASN yang datang terlambat pada hari pertama masuk kerja pascalibur lebaran kali ini. Dan tidak ada sanksi atas keterlambatan tersebut.

“Tidak ada sanksi bagi yang terlambat kali ini,” kata Irwan Prayitno kepada wartawan, Senin (03/07/2017).

(Aidil Sikumbang)